PERNIKAHAN DI DALAM NAMA YESUS 

Kidung Agung 3:4

“Kutemui jantung hatiku.” (TB)

I found the one I love.” (NKJV)

Dalam undangan pernikahan Kenny & Yoanita yang saya terima, dikutip seperti ini, “I have found the one whom my soul loves.” Pernikahan adalah persekutuan intim dari seorang laki-laki dan seorang perempuan (Kejadian 2:24). Karena itu saya setuju dengan terjemahan Inggris yang menekankan tentang “the one”.

Pernikahan yang kita hadiri pada hari ini, apapun peran yang jadi bagian kita, adalah suatu pernikahan Kristiani. Pernikahan Kristiani harus didasarkan di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Apa yang Yesus ajarkan mengenai suatu pernikahan?

Pertama, dalam Matius 19:6 Yesus menyatakan bahwa apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia! Jadi siapa pun orangnya, apa pun jabatannya, tidak bisa menceraikan pasangan yang sudah masuk dalam pernikahan. Ini yang harus dipahami betul pasangan, keluarga, teman-sahabat dan gereja sebelum pelaksanaan suatu pernikahan.

Kedua, dalam Matius 22:30 Yesus menjelaskan bahwa pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di surga! Jadi status suami istri kita hanya berlaku di bumi. Sesudahnya Anda hidup sebagai makhluk surgawi. Mengapa? Karena kita sudah sempurna di Surga nanti tidak . Dalam iman Kristiani kita akan menjadi bagian dari Gereja Sempurna di akhir zaman yang akan masuk dalam pernikahan dengan Tuhan Yesus Kristus (Wahyu 19:7).

Jadi pernikahan di bumi ini sebenarnya adalah gambaran pernikahan Tuhan Yesus Kristus dan GerejaNYA (Efesus 5:22-32). Sehingga pernikahan adalah tanggungjawab besar baik bagi suami, yang harus mencerminkan Yesus. Maupun bagi istri, yang harus mencerminkan Gereja yang sempurna. Tentu tidak ada yang sempurna dalam dunia ini, karena itu setiap pernikahan butuh pengikat yang menyempurnakan. Kita butuh belas kasih dari Tuhan Yesus Kristus untuk pernikahan ini.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s