KUAT DAN PENUH HIKMAT

Lukas 2:40

Selamat Natal sekali lagi untuk semua jemaat meskipun tanggal 25 Desember sudah lewat. Tetapi tentu saja seperti perkataan yang sering kita dengar “seharusnya kita merayakan kehadiran Yesus setiap hari”. Dalam kisah Natal kita melihat banyak dimensi seperti:

  • Panggilan – Maria diberi kabar bahwa ia akan mengandung Yesus.
  • Rencana Allah – Betlehem menjadi tempat lahirnya Mesias.
  • Pilihan – Yusuf mengambil Maria menjadi istrinya.
  • Ketaatan – Orang Majus mengikuti peringatan jangan kembali ke Herodes.
  • Pertumbuhan – Dari bayi yang lemah, ke anak yang kuat dan penuh hikmat.

Jadi mari kita merayakan kehadiran Yesus tahun ini dengan membahas tema Natal Mahanaim 2021: Kuat dan Penuh Hikmat.

Rekan-rekan Mahanaim Worship di masa pandemi ini berusaha memberkati jemaat dengan lagu demi lagu yang diperkenalkan tiga bulan terakhir. Tetapi sesuai dengan tema “Kuat dan Penuh Hikmat” lirik yang ditulis dan dinyanyikan mengingatkan kita untuk terus mengandalkan Yesus yang kuat dan penuh hikmat.

Kalau kita membaca Yesaya 9:5 kita menemukan nubuatan tentang Yesus yang disebut Allah yang Perkasa (IA kuat) dan Penasihat Ajaib (IA penuh hikmat). Kedua hal ini adalah kombinasi yang luar biasa. Seseorang yang memiliki keduanya adalah manusia ilahi, dan Yesus adalah manusia ilahi ketika IA ada di muka bumi.

Tetapi kalau memang kita ingin menjadi sama seperti Yesus maka menjadi kuat dan penuh hikmat seharusnya masuk dalam “Christmas Wishlist” kita. Seperti ketika kita masuk ke dalam toko konvensional atau ketika kita masuk ke toko virtual, demikianlah setiap kita masuk ke masa Natal. Apa yang kita inginkan di Natal 2021?

Apakah Anda ingin menjadi kuat? Dalam bahasa aslinya kata “kuat” di Lukas 2:40 bisa berarti “menjadi kuat” dan “makin kuat”. Ini yang kita butuhkan dalam mengakhiri tahun ini dan memasuki tahun yang baru. Mari kita membaca dan mencermati apa yang dikatakan pemazmur di dalam Mazmur 84:5-8.

Inginkah Anda menjadi penuh hikmat? Hikmat dalam Lukas 2:40 mengandung pengertian kebijaksanaan, pengertian, kecerdasan, yang datang dari Allah. Ini bukan kecerdasan yang dinilai dengan angka. Tetapi bagaimana Anda bisa mendayagunakan pengetahuan Anda untuk sesuatu yang lebih baik. 1Raja-raja 3:16-28.

Yesus selama di bumi menunjukkan IA semakin kuat saat IA menyelesaikan masa puasa (40 hari 40 malam) dan pencobaan di padang gurun. Matius 4:1-11. Demikian juga Yesus menunjukkan bahwa IA penuh hikmat saat IA membungkam ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi di Yohanes 8:2-11.  

Saya harap Anda menjadi makin kuat dengan memuji Tuhan dan selalu rindu untuk ada dalam Rumah Tuhan (Mazmur 84:5-6, Lukas 2:49). Demikian Anda penuh hikmat dengan memahami bahwa semuanya adalah dari Allah (1Raja-raja 3:6-8, Yohanes 17:7). Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s