Keluarga Muda: Apa kata Alkitab?

Efesus 5:31-32 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Dalam Alkitab konsep Keluarga tidak dibedakan dengan kelompok usia, status ekonomi, atau kategori-kategori lain. Namun mungkin penggolongan yang dicatat Alkitab seperti demikian:

  • Keluarga berdasar Hubungan Darah. (Kejadian 46:27)
  • Keluarga Angkat. (2Samuel 9:11)
  • Keluarga Allah. (Efesus 2:19)

Kalau kita melihat sejenak ke Efesus 5:15-16, bahwa hari-hari ini menjadi semakin jahat. Saya percaya rekan-rekan disini benar-benar mempergunakan waktu yang ada “kawin sebelum Tuhan Yesus datang!” Hahaha.. Jokes. Namun saya rasa Paulus sangat serius ketika menulis surat ini untuk Jemaat di Efesus.

Hari-hari yang jahat kita bisa lihat sejak manusia jatuh dalam dosa, ditandai dengan rusaknya konsep keluarga. Adanya saling menyalahkan, iri hati, cemburu, emosi negatif yang keluar dalam sikap, kata-kata, bahkan dalam tindakan yang menghilangkan nyawa seseorang.

Keluarga adalah Ide Allah

Keluarga bukanlah hasil rancangan manusia. Keluarga dimulai dari Allah. Ketika Allah menciptakan manusia dan menjadikan penolong yang sepadan dengan manusia itu. Tujuannya apa? Untuk bertanggungjawab atas apa yang dipercayakan Allah (=Bumi). Kejadian 1&2.

Menarik bahwa di kitab terakhir Perjanjian Lama (=Maleakhi). Mengenai “tujuan keluarga” disampaikan kembali. Maleakhi 2:15: “Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya..”

Contoh Keluarga dalam Alkitab – Musa

Musa adalah tokoh yang menarik. Sebagian besar hidupnya adalah proses. Mulai dari pendidikan di Mesir, sampai pelarian di Midian. Saat di Midian itulah dia memperistri Zipora (Keluaran 2:21). Dalam Alkitab tidak diceritakan ada benturan kepentingan antara Musa dengan Zipora (misalnya seperti kasus Abram dan Sarai di Kejadian 16:2).

Musa bahkan berhasil memenangkan mertuanya, Yitro, untuk menjadi penyembah Allah Israel. Semua cerita kesaksian Musa mengenai Allah Israel menjadi bukti nyata ketika Yitro mengunjungi Musa di Keluaran 18. Kesaksian Musa juga tergambar dari nama anak-anaknya: Gersom & Eliezer.

Nilai dalam keluarga

  1. Gersom (Keluaran 2:22, 18:3) berarti “pendatang, pengembara, orang yang datang untuk singgah.” Saya rasa ini nilai pertama yang harus sama-sama dimengerti oleh pasangan atau keluarga. Bahwa hidup kita di dunia ini hanyalah “sementara”. Kita bukan warga negara dunia ini, sehingga fokus kita bukanlah membangun materi disini. Namun hal rohani di kekekalan. Matius 6:19-20. Berapa banyak rumah tangga berseteru karena hal-hal materi. Ingat kita menikah dengan orangnya bukan dengan hartanya! 1Petrus 2:11 mengingatkan dengan tegas mengenai keinginan daging. Kita hanyalah “pendatang” di bumi ini.
  • Eliezer (Keluaran 18:3) berarti “Allahku (eli) penolongku (ezer).” Bukankah ini menjadi dasar hidup kita sebagai orang percaya. Seringkali kita menggunakan Tuhan dalam pendidikan, pekerjaan, sakit penyakit, namun tidak di keluarga. Kita berpikir keluarga adalah tentang cinta dan sayang. Padahal lihatlah keluarga manusia pertama. Mereka tidak disebutkan dipersatukan karena cinta dan sayang, namun karena TUHAN. Jangan salah tangkap! Saya bukan anti-cinta, atau tidak percaya cinta. Saya suka dengan cinta. Namun saya ingin melihat dari perspektif Illahi mengenai Keluarga. Keluarga seharusnya God-centered.

Pasangan adalah penolong yang sepadan, baik secara “jasmani” dan juga “rohani”. 1Petrus 3:1-7. Pada akhirnya mereka menjadi partner untuk mewujudkan keluarga ilahi.

GodblesS

JEFF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s