MENGUBAH DUNIA

Bagaimana Anda bisa mengubah dunia ini dan menggenapi Amanat Agung Yesus Kristus (Matius 28:19-20)? Ini tidak harus dilakukan dengan “memasukkan salib” ke Istana Negara, atau ke Senayan sebagai cara satu-satunya dan utama (yang saya beri contoh ini adalah jalur politik). Saya pernah menyampaikan ke rekan-rekan profesional muda (Crossover) tentang A-B-C di marketplace. Kalau Anda tertarik bisa cari di jeffminandar.com dan ketik “Christianity and Professionalism” atau “marketplace”.

Namun bagaimana dengan eksistensi kita di tengah Keluarga, masyarakat? Apakah komunitas yang kita bangun di Keluarga kita, di KeMah kita, di Gereja kita sudah jadi inspirasi bagi masyarakat yang lebih luas? Kisah Para Rasul 2:47. Anda bisa menginspirasi dunia sekeliling dengan menunjukkan keberadaan Yesus dalam hidup Anda dan keluarga.

Banyak orang berpikir bahwa Allah kita itu tidak nyata. Tuhan dianggap mereka tidak berkuasa atas apa yang terjadi di dunia. Saya percaya Allah memiliki rencana untuk segala sesuatu di dalam dunia. IA mampu menentukan apa yang akan terjadi pada dunia melalui peristiwa-peristiwa dalam rangkaian sejarah. Rangkaian sejarah ini maksudnya seperti gelombang kejadian demi kejadian dan kita harus dapat memanfaatkannya, bukannya terseret.

Dalam Kisah Para Rasul 4:27-28 jemaat Tuhan memiliki informasi dari Rasul Petrus dan Rasul Yohanes mengenai ancaman kepada mereka dari tua-tua Yahudi. Dalam doa kepada Tuhan mereka mengakui bahwa Tuhan mengendalikan arus sejarah. Menariknya mereka bukan meminta Allah menghilangkan ancaman itu, tetapi malah meminta keberanian untuk tetap bertahan dalam panggilan Tuhan.

Seorang peselancar tidak meminta gelombang yang mudah, ia membaca gelombang dan dengan keberanian menaiki gelombang itu lalu menaklukkannya. Sedangkan bagi seorang Kristen, ia membaca sejarah, mengobservasi kenyataan masa sekarang, dan memandang ancaman di masa depan dengan perspektif ilahi. Keberaniannya datang dari Roh Kudus, dan meminta keberanian itu dalam doa.

Yesus sendiri berdoa bukan untuk menjauhkan Anda dari dunia, tetapi melindungi Anda dari yang jahat. Yohanes 17:11. Bukan untuk membuat Anda mencari zona nyaman, tetapi zona Tuhan, dimana Anda dan Keluarga Anda menjadi maksimal dan mampu mengubah dunia, dimulai dari Keluarga Anda. Anda tidak bisa mengubah dunia sendirian, yang ada Anda bisa-bisa terlarut dengan dunia. Anda butuh komunitas yang mengasihi (1Petrus 1:22), melayani (Efesus 2:10), dan memperlengkapi Anda (1Korintus 12:18). 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s