OPPORTUNITY

Selamat natal dan tahun baru untuk Pemuda Remaja GPdI Tiberias Pare. Tahun ini adalah tahun yang luar biasa, begitu banyak kesempatan menanti kita. Saya melihat hidup yang kita miliki ini adalah kepercayaan yang diberikan. Hidup ini adalah kesempatan bukan sesuatu yang kita usahakan untuk ada.

Menurut Anda mengapa Maria dan Yusuf menjadi orang tua dari Yesus? Mengapa bukan Marince dan Joko misalnya? Karena kesempatan itu diberikan kepada mereka dan mereka meresponnya. Seperti banyak dikatakan: keberhasilan adalah persimpangan antara kesempatan dan persiapan.

Kisah Natal adalah kisah mengenai kesempatan. Contohnya ketika Maria kedatangan malaikat yang datang untuk memberitahu tentang kehamilannya. Atau ketika Yusuf mendapat mimpi yang menyuruhnya untuk mengambil Maria menjadi istrinya.

Yesus adalah anak Allah, kita mengenal betul hal itu. Tetapi dalam berbagai kesempatan, DIA mampu menggabungkan dan mengembangkan. Contohnya dari Matius 18:20. Karena ada ungkapan di jaman itu, jika ada 10 orang mempelajari Taurat maka “shekinah” ada di antara mereka. Atau dari referensi lain menuliskan, jika ada 2 orang saja dan Firman dari Taurat ada di antara mereka, demikian pun “shekinah” ada.

Demikian Yesus mengenali betul tujuan dan kesempatan yang dimilikiNYA. (Lihat jawaban Yesus di usia 12 tahun dalam Lukas 2:49 demikian juga saat berusia 30 tahun dalam Lukas 4:18-19).

Kesempatan ini mendorong aktivitas yang Yesus tunjukkan berulang:

  • IA mengajar. Markus 10:1.
  • IA beribadah. Lukas 4:6.
  • IA berdoa. Lukas 22:39.

Ini semua kemudian menjadi karakterNYA. Galatia 5:22-23 (Buah Roh, Karakter Roh). Yesus menjadi luar biasa dalam pembawaanNYA sehingga bisa diterima banyak kalangan (Lukas 5:1):

  • Orang Farisi dan Ahli Taurat mendengarkan DIA. Lukas 5:17.
  • Kaum wanita mendengarkan DIA. Lukas 10:39.
  • Bahkan pemungut cukai dan orang berdosa mendengarkan DIA. Lukas 15:1.

Yesus menampakkan diri seperti orang Yahudi kebanyakan, IA tidak melihat kesempatan dalam melayani untuk keuntungan dirinya sendiri, malahan IA tahu kesempatan yang ada adalah untuk melayani bukan untuk dilayani. Markus 10:45.

Saya tidak mengerti di tahun 2019 berapa banyak kesempatan berbuat baik yang Anda miliki. Tetapi seperti apa yang Paulus tuliskan dalam Galatia 6:9-10. Ada kesempatan untuk berbuat baik, dimana kita bisa menuai saat kita tetap bertekun. Ambil kesempatan untuk melakukan yang baik, untuk menjadi dampak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s