TAKE US HIGHER

Selamat Natal untuk semua jemaat! Saya rasa ini adalah kerinduan kita semua untuk terus meningkat dalam segala hal.

Waktu saya coba cari video untuk represent “higher” saya ada dua pilihan:

  • Video lompat tinggi
  • Video roket

Kalau kita melihat video tadi, kita bisa lihat bahwa roket yang dipersiapkan sangatlah sophisticated. Untuk bisa “menembus langit” kita tidak bisa pakai mercon tahun baru.

Demikian juga dengan kita. Kita tahu bahwa kita sudah dirancangkan dan dipersiapkan oleh Allah dengan luar biasa. Mazmur 139:13-14. Sehingga di Natal 2017 seharusnya kita tidak lagi masih berpikir, “Aku terbatas”, “Aku tidak bisa lebih baik dari sekarang”. “Aku tidak bisa lebih tinggi!” TIDAK! Sebab kita sudah dimerdekakan pikirannya dari KETERBATASAN. Yohanes 8:36. You can be higher than this.

Tapi mari kita kembali ke ayat tema kita saat ini: Ulangan 28:13. Allah yang akan mengangkat kita “lebih tinggi” dari kondisi kita sekarang. Sebelum saya menjelaskan lebih lagi mengenai hal itu, saya ingin membahas sedikit mengenai miskonsepsi tentang ayat ini. Ayat ini bukan berbicara tentang semua orang harus mengisi posisi pemimpin atau yang teratas. Ayat ini sebenarnya berbicara tentang peningkatan kehidupan, dan bagaimana hidup kita menjadi pengaruh. Seperti yang saya sudah jelaskan sebelumnya, bahwa Allah yang akan mengangkat kita. Ini bukanlah hal yang baru, Allah sudah melakukannya sejak pada mulanya. Kita pasti ingat kisah-kisah seperti:

  • Adam dalam Kejadian. Diangkat dari debu tanah, menjadi ciptaan yang paling mulia.
  • Israel dalam Keluaran. DIangkat dari budak, menjadi penakluk.
  • Daud dalam 1Samuel. Diangkat dari gembala domba, menjadi raja.
  • Demikian juga apa yang kita rayakan dalam Natal. Allah mengangkat kita dari kebinasaan, masuk dalam keselamatan, karena Yesus. Lukas 2:11. Inilah alasan sebenarnya kita merayakan Natal.

Untuk sampai ke posisi yang lebih tinggi, meskipun itu adalah janji Tuhan, tetapi kita juga harus mengerti ada bagian yang harus kita kerjakan. Tempat yang Tinggi itu identik dengan kediaman Tuhan. Musa harus pergi ke tempat yang tinggi untuk bertemu dengan Tuhan. Keluaran 32:30. Tapi sekarang banyak orang berkata: “Saya tidak butuh Tuhan! Saya lebih butuh uang, teknologi, kepintaran, dan terkenal.  Mungkin kita berpikir seperti itu, tanpa menyadari bahwa “untuk apa memiliki buah saja, kalau kamu bisa memiliki pohonnya, sumbernya.” Kalau Tuhan adalah sumber segala sesuatu. Hikmat, kekayaan, promosi, maka saya akan cari Tuhan, dan pastikan bersama DIA di sepanjang hidup saya.

Daud pernah menuliskan demikian di Mazmur 24:3-4.

“Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?”

“Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

Mereka yang bisa HIGHER to be with God adalah mereka yang:

  1. Bersih tangannya.
  2. Murni hatinya
  3. Tidak menipu dikatakan “tidak menyerahkan diri kepada penipuan”. Jadi seorang penipu itu atas kehendaknya sendiri, bukan karena alasan “kepepet” dan lain-lain.
  4. Tidak bersumpah palsu/menyesatkan/memberi keterangan yang salah. Ya atau tidak, cukup.

 

Sadarkah kita dari keempat hal yang saya sebutkan itu, kita bisa memilikinya kalau kita punya KASIH. Kalau kita mengasihi orang lain dan mengasihi Tuhan. Dengan itu kamu pasti bisa menjaga tanganmu bersih, hatimu murni, dan tidak melakukan penipuan atau sumpah palsu. Bahkan KASIH dikatakan menutupi banyak dosa! 1Petrus 4:8.

Jadi di Natal ini, sebelum kita melakukan segala sesuatu, kita butuh mengerti posisi awal kita. Sebelum Yesus, kita meluncur turun menuju kebinasaan, kita terikat pada kehidupan yang lama, dan kita terhilang. Namun kini kita diingatkan akan janji “peningkatan” oleh Allah, saat kita bisa mengekspresikan kasih yang terlebih dahulu kita terima dari DIA.

  • Apa kamu cukup mampu? YA, SAYA DICIPTAKAN DAHSYAT.
  • Penuntunmu? Hukum Taurat itu hanya menuntun sampai titik tertentu dimana kamu terbang lebih tinggi dengan KASIH ALLAH.
Advertisements

7 thoughts on “TAKE US HIGHER

      1. Hai ka jeff,iya gpp ka jeff hehhe..Merry X’mas n Happy New Year ka jeff.
        Hmmm aku tidak di Temanggung ka jeff aku dijakarta dan aku jemaat GPDI kepa duri hheheeh

      2. Hahaha iyaa ka jeff gpp dimaklumkan kl ga fokuss hihihi..aku selvie yg ada coment ka jeff di fb juga hehe..

  1. Selamat natal juga kak jeff Apa kabarnya..?

    Pada tanggal 17 Des 2017 3.32 PM, “Jeff Minandar” menulis:

    > jeffminandar posted: “Selamat Natal untuk semua jemaat! Saya rasa ini > adalah kerinduan kita semua untuk terus meningkat dalam segala hal. Waktu > saya coba cari video untuk represent “higher” saya ada dua pilihan: Video > lompat tinggi Video roket Kalau kita melihat video tad” >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s