JOYFUL CHRISTMAS

Banyak orang berbicara tentang Natal sebagai suatu kegiatan ritual, sesuatu yang harus dirayakan, karena begitulah adanya. Tetapi sebenarnya Natal yang terjadi lebih dari 2000 tahun yang lalu bernilai lebih dari ritual.

Sebagai orang muda, kita punya banyak keingintahuan, kenapa begini, kenapa begitu? Tetapi pernah kah Anda bertanya sebenarnya apa yang membuat Natal begitu khusus dalam Iman kita kepada Kristus. Secara keseluruhan iman kepada Kristus berdasar pada kematian dan kebangkitan Yesus. Tetapi mengapa Natal?

Pertama Natal itu adalah sumber kegembiraan. Kegembiraan yang ditawarkan Natal bukanlah kegembiraan seperti yang Anda dapatkan ketika mendapat hadiah baru, atau pacar baru. Karena kegembiraan Natal lebih dari apa yang sementara. Saya sebenarnya lebih suka memakai kata “sukacita” untuk membedakan “derajatnya” dengan sekedar “gembira”. Yohanes 15:11. Sukacita itu dari Allah, dan bisa membuat Anda “penuh”. Ini berbeda dengan kegembiraan yang sementara seperti dari makanan atau dari kepemilikan. 1Raja-raja 21:7. Menarik sekali kalau Anda generasi kekinian yang punya kuota, waktu Anda Google search “joyful meaning” kemudian yang keluar ini “causing great pleasure and happiness.” Jadi sukacita itu menjadi kata dimana hal itu menggambarkan sesuatu yang menyebabkan kegembiraan. Anda mau sumber atau hasil? Mana yang akan lebih menguntungkan bagi Anda?

Kedua, Natal itu memberi gambaran sukacita baik di bumi maupun di Surga. Sukacita di bumi bisa dilihat seperti apa yang dialami Maria, ketika ia berkata dalam Lukas 1:48, bahwa ia adalah orang yang berbahagia. Itu terjadi saat dia di bumi, tetapi juga di Surga nanti. Yohanes 14:3. Kehadiran Yesus menjamin sukacita kita di bumi sekarang, dan di Surga nanti.

Ketiga, Natal itu memberi harapan. Bahwa yang terpenting bukanlah yang nampak sekarang, tetapi apa yang menjadi sumber sebelum itu terlihat. Yesus nampak sekarang sebagai orang sederhana, orang biasa. Matius 13:55-56. Tetapi ia bersumber dari Surga yang mulia. Yohanes 18:36.

Sukacita yang luar biasa itu sekarang ditawarkan pada kita, bukan dalam bentuk bayi. Yohanes 3:6. Daging melahirkan daging, tapi dalam bentuk Roh, yang tidak dapat dicuri, dan tak dapat binasa, itu akan menghasilkan Roh. Galatia 5:22-23.

 

Advertisements

2 thoughts on “JOYFUL CHRISTMAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s