SESI 1: “YOU ARE AWESOME”

Tahukah Anda kalau Anda luar biasa dan spesial? Bagaimana tidak, Anda adalah custom design dari Allah tidak ada seorang pun di dunia ini yang identik dengan Anda! Namun sekarang kita kan selalu ingin menjadi sama seperti orang lain, terutama para selebriti. Menariknya ada suatu kecenderungan ekstrim yang terjadi bahwa semakin seseorang merasa tidak spesial atau sebaliknya semakin seseorang merasa sangat spesial, maka mereka akan semakin merasa sendirian.

Semakin kita merasa sendirian, maka fokusnya akan terus menerus kepada diri sendiri. Padahal kita ini tidak sendirian!

“You are not alone” menjadi pilihan panitia retreat tahun ini, dan saya rasa ini adalah tema yang baik. Saya berharap, saya bisa menyajikan kepada Anda penegasan-penegasan dari Firman Tuhan bahwa Anda tidak sendirian. Maksud dari “Anda tidak sendirian” bisa mengandung 2 makna:

  • Anda tidak sedang menghadapi dunia, atau sedang bertanding dalam dunia ini sendirian.
  • Anda tidak sedang hidup bagi dirimu sendiri, karena ada banyak orang di sekitar kita yang bisa kita beri dampak.

Galatia 6:2 menuliskan bahwa seharusnya kita saling bertolong-tolongan (bukan hidup hanya untuk diri kita sendiri) dan dengan demikian kita memenuhi Hukum Kristus. Jadi seberapapun “introvert” dirimu, ada titik dimana Anda harus bertolong-tolongan. Karena kalau tidak, Anda tidak dipandang memenuhi Hukum Kristus, yaitu Hukum Kasih.

Tetapi di sesi 1 ini saya ingin memulai dari diri Anda masing-masing terlebih dahulu. Sebab ada ungkapansebelum menolong orang, tolonglah dirimu sendiri”. Bahkan di kalangan orang Yahudi ungkapan ini disebutkan Yesus di Lukas 4:23.

Namun demikian bukan berarti Anda harus sempurna terlebih dahulu di dalam kemudian baru boleh melayani, lagipula tidak ada seorangpun yang sempurna, bukan?

Saya lebih melihat ungkapan ini berarti bahwa fokus dan prioritas kita memang di dalam, tetapi jika ada kesempatan untuk melayani di luar lingkup kita, maka lakukan itu. Ingat saja lingkup pelayanan yang diberikan Yesus kepada setiap orang percaya di Kisah Para Rasul 1:8.

Namun demikian ada 3 hal yang iblis lakukan dalam hidup kita dengan tujuan untuk menyerang identitas kita dalam Kristus:

  1. Rasa minder.

Rendah diri itu tidak sama dengan rendah hati. Dalam Matius 11:29 Yesus sendiri menunjukkan teladan perilakuNYA adalah berasal dari rendah hati, bukan rendah diri. Rendah diri adalah cara pandang yang mengecilkan potensi diri sehingga berdampak pada perilaku yang tidak produktif (kontra-produktif). Matius 25:18, 24-25. Bahkan saya berani berkata berdasarkan Firman Tuhan bahwa rasa minder adalah kejahatan! Matius 25:26. Tetapi tetap kita harus waspada karena orang yang minder, namun kemudian menjadi “over-confident” bisa menghasilkan tingkah laku dan keputusan yang salah. Lihat 1Samuel 9:21 kemudian 1Samuel 13:11-13.

 

  1. Rasa takut.

Rasa takut ini menurut Ps.Joseph Prince adalah sesuatu yang berakar dalam roh. Saya punya catatan khusus mengenai hal ini di jeffminandar.com. Ini ayat untuk menguatkan Anda: Roma 8:15.

 

  1. Tidak puas diri.

Ini sebenarnya berasal dari kekuatiran, sedangkan kekuatiran itu sendiri sebenarnya adalah sesuatu yang tidak nyata. Sebaliknya, daripada kuatir lebih baik mencari 1001 alasan untuk bersyukur. Filipi 4:6.

Dengan pemahaman seperti ini kita tahu bahwa fokus kita bukan lagi diri sendiri tetapi juga orang lain. Ps.Francis Chan pernah berkata bahwa kita hidup di dalam dunia yang begitu memuja diri sendiri. Hal ini semakin membudaya ketika itu dibagikan secara masif di media sosial. Konsep diri bukan lagi tentang apa yang unik dari diriku dan bagaimana diriku berfungsi untuk kepentingan bersama. Tetapi sekarang orang-orang berlomba-lomba untuk menjadi orang lain dan memenuhi ego diri sendiri.

GodblesS

JEFF

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s