KRISTEN TERKINI

Selamat malam Bapak-Ibu-Saudara yang dikasihi Tuhan selamat datang di GPdI Mahanaim Tegal. Ini merupakan kebahagiaan kita bisa berkumpul, bersama dan memuji Tuhan. Bapak Gembala tidak dapat hadir di antara kita karena pelayanan beliau di luar kota. Semoga jemaat terus mendukung beliau dalam doa-doa kita.

Untuk Anda yang belum mengenal saya, nama saya adalah Jeff, dan catatan khotbah malam hari ini Anda bisa temukan di www.jeffminandar.com. Sehingga smartphone Anda bisa berguna malam hari ini selain memainkan social media atau social messenger. Saya berharap hanya 2 apps yang Anda pakai malam hari ini (kalau memang Anda harus menggunakan gadget Anda): App Alkitab – untuk mengecek ayat Alkitab yang akan saya sampaikan; dan App Browser untuk melihat catatan khotbah di alamat weblog tadi. Namun demikian kalau Anda konvensional, Alkitab dan buku catatan, that’s good also.

Malam hari ini kita akan membahas mengenai Kristen Terkini. Apa saja yang dilakukan Kristen Terkini? Kita mau tidak mau dihadapkan pada segala sesuatu yang terkini, karena waktu itu selalu bergerak dan (semoga Anda sadar bahwa) itu tidak dapat di hentikan.

Waktu itu berjalan ke depan dan tak sekalipun mundur ke belakang, karena itu “berselancarlah” dengan waktu, Pakailah waktu untuk mendorong kita maju, jangan biarkan waktu “menenggelamkan” kita dalam kekuatiran.

(JM)

Yesus sendiri menyatakan hal ini bahwa waktu bisa menenggelamkan kita dalam kekuatiran. Semoga ini juga bisa jadi status Anda malam ini. Coba lihat: Matius 6:27 atau Lukas 12:25. Kedua ayat itu hampir identik, hanya berbeda satu kata: “saja”.

Waktu itu terbagi menjadi 3 bagian: Masa lalu, masa kini, dan masa depan. Bagaimana kita memperlakukan waktu bisa menjadi suatu indikator yang menunjukkan seberapa bijaksana Anda. Kita tentu ingat sebuah ayat yang ditulis Musa dalam Mazmur 90:12. “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” Dari ayat ini kita kemudian bisa mengambil kesimpulan bahwa: Orang yang bijaksana adalah orang yang pandai mengelola hari-harinya. Sehingga kebijaksanaan itu tidak diukur dari besaran IQ, atau besaran usia, apalagi besaran kekayaan.

Siapa yang tidak ingin kaya? Banyak orang ingin kaya tetapi mereka ingin kaya hanya karena ingin memboroskannya. Perhatikan ini – bukan kata saya tetapi kata Firman Tuhan – mari kita buka Amsal 21:20. Rupanya kekayaan yang diboroskan adalah ciri orang bebal. Kemarin saya membaca sebuah artikel online mengenai Mark Zuckerberg http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/10/08/080000026/yuk.ikuti.cara.hemat.mark.zuckerberg.ini dan menemukan bahwa salah satu orang terkaya di dunia ini hidup sederhana (ini bukan berarti pelit, jangan sampai salah mengartikan). Anda bisa berkata: “Ah, saya hanya ingin belajar dari tokoh Alkitab dan bukan tokoh dunia.” Jika itu yang ada di pikiran Anda, berarti Anda harus membaca Lukas 16:1-8. Yesus memberi contoh selalu dari sesuatu yang relevan buat pendengarnya. Kisah ini muncul mengenai hubungan kita dengan orang lain, dan uniknya Yesus mengangkat tokoh “bendahara yang tidak jujur” mungkin kalau ada nama yang kekinian namanya adalah Nazaruddin (mantan Bendahara Umum Partai Demokrat yang terjerat kasus korupsi). Tetapi mari perhatikan ayat ke-8: “Sebab anak-anak dunia ini lebih cerdik terhadap sesamanya dari pada anak-anak terang.” Maksudnya pakailah pengetahuan dari dunia, tetapi pastikan hatimu diterangi Firman Tuhan.

Jadi dari penjelasan ini saya ingin taruh poin karakter Kristen Terkini yang pertama adalah:

#1 Mereka hidup sederhana dan memiliki hati yang baik meskipun mereka kaya.

Kristen terkini memiliki kualitas yang berkebalikan dengan “Dunia terkini”. 2Timotius 3:1-2. Anda juga bisa melihat apa yang Yesus katakan di Lukas 16:9-10 ketika IA melanjutkan bahasan mengenai bendahara yang tidak jujur.

#2 Mereka pandai mengatur waktu dan memanfaatkannya.

Kristen terkini memiliki kualitas tokoh-tokoh Alkitab muda yang pandai mengatur waktu. Contoh: Yusuf (Kejadian 41:33-36) dan Daud (2Samuel 5:22-25). Banyak sekali sekarang orang berpikir mengenai bisa bersantai dan membuang waktu adalah hal yang kekinian. Bayangkan ada lagu yang disukai banyak anak muda judulnya “Lazy Song”. Cuplikan liriknya demikian:

Today I don’t feel like doing anything

I just wanna lay in my bed

Don’t feel like picking up my phone

So leave a message at the tone

‘Cause today I swear I’m not doing anything

 

#3 Mereka tidak mudah kuatir, sebaliknya mereka positif.

Kristen terkini adalah orang-orang yang tidak latah dengan kekuatiran. Sadarkah Anda bahwa kekuatiran itu menular? Amsal 12:25 berkata jelas mengenai kekuatiran. Saudara tahu penawar kekuatiran? Perkataan yang baik, ini adalah perkataan-perkataan positif yang membangkitkan. Ingat bahwa Yesus berkata ini adalah penghambat terbesar pertumbuhan rohani kita.

Apakah Anda Kristen terkini? Semoga Anda memiliki ketiga karakteristik diatas.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s