Dalam.

Mengenai sesuatu yang dalam kita sama=sama mengerti bahwa itu harus dicapai dengan suatu usaha yang lebih dari sekedar yang kita lakukan di untuk meraih yang di permukaan.

Usaha ini menjadi sangat sulit ketika kita tidak dilengkapi pengetahuan mengenai apa yang ada di dalam. Kita puas dengan apa yang ada di permukaan, tanpa mengerti bahwa apa yang ada di dalam bisa jadi lebih dari sekedar yang ada di permukaan.

Ketidakmengertian ini bisa kita maklumi karena beberapa hal. Pertama, untuk memperoleh pengetahuan yang ada di dalam butuh kerja keras. Butuh lebih dari sekedar mengenal “cover” luarnya. Ada waktu yang harus diinvestasikan, pemikiran yang harus terus menalar dan daya untuk terus bertahan.

Kedua, untuk mengetahui yang ada di dalam itu berarti keluar dari zona aman, dan membiarkan diri kita sedikit-demi-sedikit menggerus rasa takut untuk masuk lebih dalam. Ketika kita berhadapan dengan rasa itu dan menyerah maka berhentilah kita dari mencapai yang ada di dalam.

Ketiga dan yang terakhir, sesuatu yang ada di dalam itu bisa jadi sesuatu yang menyenangkan atau mengecewakan. It’s a sort of toss-the-coin in-the-air. Kita tidak benar-benar dapat memastikan apa yang kita dapat di kedalaman. Tapi setidaknya kita belajar banyak hal dalam prosesnya. Seringkali kita terlalu berfokus pada hasil akhir dan menyepelekan prosesnya. Tapi proses itu adalah bagian dari hasil.

Hal-hal yang saya sebutkan di atas dapat diaplikasikan pada berbagai hal. Ambil contoh penyelidikan akan Firman Tuhan. Anda tidak akan mendapatkan apa yang begitu kaya ada di dalam Firman, saat Anda hanya mendengar, “mengail” di permukaan. Anda perlu masuk lebih dalam untuk mendapat pengertian. Namun ketiga hal itu bisa menjadi penghalang untuk masuk lebih dalam.

Amsal 3:15  Ia lebih berharga dari pada permata; apa pun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya.  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s