Roh Kudus adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Gereja. Seharusnya Roh Kudus lah yang menjadi inti atau pusat atau yang pertama atau yang mengawali gereja.

Kembali ke gereja mula-mula. Mereka mulai terbentuk saat hari Pantekosta, yaitu penggenapan bahwa Allah mencurahkan Roh Kudus ke atas semua manusia yang percaya ke dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Kemarin kita sudah dijelaskan dengan sangat baik oleh Pdt. Joseph Priyono mengenai Roh Kudus adalah janji Tuhan yang pasti, sehingga kita tinggal perlu memintanya mengambil 1 langkah iman, penuh dengan rasa haus, dan percaya penuh. Untuk lebih mengenal karya Roh Kudus dalam Alkitab sebagai pedoman kita, mari kita lihat beberapa kisah berikut:

  1. Kejadian 6:3 Dalam ayat ini Allah mengambil suatu keputusan bahwa Roh hidup yang mengisyaratkan nafas hidup seseorang hanya ada dalam suatu batasan waktu.
  1. Kejadian 41:38. Ini adalah kisah Yusuf di istana Firaun. Jadi apa pendapat Firaun ini adalah berdasarkan pemahamannya tentang dewa-dewa. Jadi yang dimaksud adalah kemampuan untuk menerjemahkan mimpi.
  2. Keluaran 31: Ini maksudnya Allah telah memberikan roh kemampuan untuk memaksimalkan potensi dan inspirasi mengenai apa dan cara membuat perlengkapan Bait Allah.
  3. Hakim-hakim 6:34. Ini adalah kisah Gideon yang diberikan Roh keberanian untuk maju dan berperang.

 Tetapi dari keempat kisah diatas peranan Roh itu seketika dan hinggap pada orang-orang tertentu saja yang dipilih Allah. Namun Perjanjian Baru adalah penggenapan dari Perjanjian Lama. Sesuatu yang lebih dahsyat. Yoel 2:28.

  1. Kisah Para Rasul 2:4. Manifestasi pertama yang muncul dari Roh adalah melalui perkataan. Ini sesuatu yang penting dan signifikan. Seperti apa yang pertama menjadi seluruh bumi ini adalah Firman/Perkataan. Allah sedang mengembalikan kemuliaanNYA lewat Roh Kudus.
  2. Kisah Para Rasul 8:16-17. Ini adalah kisah Petrus dan Yohanes yang mewakili rekan-rekan mereka untuk melihat bagaimana orang-orang telah percaya namun belum penuh Roh Kudus. Kisah Para Rasul 10:44. Roh Kudus akan turun kepada mereka yang percaya, bukan hanya yang dibaptis.
  3. Roma 8:1-2. Hidup dalam Roh Allah berarti hidup dalam kemerdekaan. Merdeka dari apa hukum dosa dan hukum maut.

 Sehingga sekarang apa yang kita lakukan adalah PERCAYA, bahwa Yesus lahir, melayani, mati, dikuburkan namun bangkit kembali, naik ke Sorga. Sekarang waktunya ROH KUDUS atas Anda. Hamba-hamba Tuhan akan menumpangkan tangan atas Anda. Namun Anda juga bisa minta Roh Kudus lawat meskipun tidak ada siapapun yang menumpangkan tangan atasmu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s