RENEWED

Selamat tahun baru HOFers! Sepanjang bulan ini Anda akan belajar tentang “NEW RESOLUTION”. Apa sih resolusi baru itu? Ummm, secara sederhana suatu keputusan baru yang diambil, yang biasanya bertolak belakang dengan apa yang kita lakukan sebelumnya.

Suatu kebiasaan baru, butuh suatu pola pikir yang baru. Misalnya saja tentang kesehatan, kita berpikir karena kita masih muda kita bisa makan apa saja seenaknya. Tetapi ternyata apa yang Anda makan memberi dampak pada kesehatan kita kedepannya.

Sepupu saya gagal ginjal setelah setiap hari ia minum minuman soda, 2-3 botol. Seseorang lain kelebihan berat badan setelah selalu memakan makanan cepat saji yang tinggi kalori. Kebalikannya yang lain kekurangan vitamin setelah menghindari untuk mengonsumsi makanan bervitamin yang tidak disukainya.

Jadi apa yang bisa membuat berubah? Pola pikir yang baru. Sesuatu ancaman tidak akan merubah seseorang kalau pola pikirnya tidak berubah. Contoh lagi, seseorang yang sakit jantung tetap memakan makanan berlemak, karena enak, tanpa berpikir akibatnya bagi pembuluh darahnya.

Hal ini sama dengan seorang perokok yang berpikir bahwa rokok itu tidak berbahaya untuk tubuhnya. Dia akan terus merokok meskipun ada peringatan dan gambar penyakit akibat rokok di bungkusnya. Atau seorang gamers yang merasa tidak ada ruginya bermain game hingga berjam-jam, tanpa sadar sebenarnya siapa yang diperbudak siapa.

Resolusi baru, menghasilkan keputusan baru, keputusan baru mendorong munculnya tindakan baru. Tindakan baru dari Anda menghasilkan manusia baru. Menariknya ketika ada dalam Kristus, Paulus berbicara bahwa kita adalah manusia baru. Kolose 3:9-10.

Manusia 2018 kita sudah menjadi manusia lama, waktunya mengenakan manusia 2019, manusia baru. Menariknya ada karakter khas dari manusia baru ini yaitu: “…terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya.”

Maksudnya dari terus menerus diperbaharui adalah pembaharuan itu dinamis, setiap hari, ada hal-hal baru yang diperbaharui. Tentu kalau begini kita sadar ini bukan tentang hardware (perangkat keras), tetapi tentang software (perangkat lunak). Seperti Anda yang punya HP Android, update software terbaru adalah version 9.0 atau lebih populer dengan Android Pie.

Perangkatnya sama, tapi dalamnya berubah. Bukankah ini seperti yang Paulus katakan di Roma 12:2. Dia menasehati untuk ada “pembaharuan budi”, artinya cara pikir lama kita, sekarang dijadikan baru. Menariknya semua pembaharuan ini fokusnya adalah untuk memiliki pengetahuan yang benar tentang Allah. Coba bandingkan Roma & Kolose.

Roma 12:2 “…sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Kolose 3:10 “…untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya.”

Ketika apa yang menjadi pengejaran kita adalah kehendak Tuhan, Kerajaan Sorga itu jadi bagian kita. Matius 7:21. Karena bukan sekedar mengaku orang Kristen yang menjadikan kita warga Kerajaan Sorga, namun dengan melakukan kehendak Tuhan.

Saya suka sekali dengan versi Alkitab Bahasa Inggris “The Message” tentang maunya Allah dalam hidup kita: “Here’s another way to put it: You’re here to be light, bringing out the God-colors in the world. God is not a secret to be kept. We’re going public with this, as public as a city on a hill. If I make you light-bearers, you don’t think I’m going to hide you under a bucket, do you? I’m putting you on a light stand. Now that I’ve put you there on a hilltop, on a light stand—shine! Keep open house; be generous with your lives. By opening up to others, you’ll prompt people to open up with God, this generous Father in heaven.” (Matthew 5:14-16 MSG)

Ini cara lain untuk menggambarkannya: Kamu ada untuk menjadi terang, mengeluarkan warna-warni Tuhan dalam dunia. Tuhan itu bukan suatu rahasia yang harus disimpan. Seharusnya IA bisa dilihat orang banyak, sama seperti kota yang ada di atas bukit. Kalau AKU menjadikan kamu pembawa terang, tidak mungkin AKU menyembunyikan kamu di bawah wadah, bukan? AKU meletakkan kamu di tiang-tiang lampu. Sekarang AKU yang meletakkan kamu di atas bukit, di tiang lampu – karena itu BERCAHAYALAH. Jadilah rumah yang terbuka, jadilah murah hati dalam hidupmu. Dengan terbuka pada yang lain, kamu akan membuat orang juga terbuka kepada Tuhan, BAPA yang Maha Pemurah di Surga.

Semua ini bisa terjadi saat pola pikir kita berubah. Siapa yang bisa merubahnya? Kamu. Minta kekuatan Roh Kudus untuk mengingatkanmu ketika kamu memulai perjalanan perubahan di 2019. Tuhan tolong kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s